Categories
WordPress

Tips Mendapatkan Score GTmetrix Yang Tinggi

Memiliki website dengan kecepatan loading halaman tinggi tentu saja merupakan keinginan semua orang yang memiliki website. Dengan memiliki kecepatan loading halaman yang tinggi, tentu saja akan membuat pengunjung website Anda semakin nyaman karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk loading halaman.

Namun, sayangnya kenyataan di lapangan, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara mempercepat loading halaman. Mereka mencoba berbagai macam cara, tapi loading-nya masih lambat dan membuat pengunjung website tidak nyaman.

Saat ini, ada satu tool yang sangat terkenal yang sering dipakai untuk menilai kecepatan loading halaman sebuah website. Namanya : GTmetrix.

Dengan GTmetrix, Anda dapat menilai kecepatan loading halaman website Anda. Prinsip dasar dari penilaian GTmetrix ini adalah jika score-nya bagus, maka website Anda sudah cepat loading halaman-nya.

Namun, jika score-nya jelek, tentu saja Anda harus melakukan sesuai berdasarkan penilaian yang muncul di GTmetrix. Berikut ini ada beberapa tips mendapatkan score GTmetrix yang tinggi.

Tips Mendapatkan Score GTmetrix Yang Tinggi

1. Pelajari komponen penilai dari GTmetrix dulu

GTmetrix merupakan tool untuk menilai. jadi karena itu tool maka, Anda harus paham komponen apa saja yang dinilai.

Sebenarnya ada sangat banyak sekali komponen yang dinilai di GTmetrix, tapi saran saya Anda cukup perhatikan 3 komponen utama seperti gambar di bawah ini

Komponen Penilaian GTmetrix

3 komponen tersebut antara lain :

  • Fully Loaded Time : Total waktu yang dibutuhkan sampai halaman website Anda terload sepenuhnya.
  • Total Page Size : Ukuran dari halaman website Anda. Ukuran di sini termasuk dengan file gambar, CSS, HTML, JS dan lain-lain yang terdapat di website Anda
  • Requests : Ini mengukur seberapa banyak request yang dilakukan browser pengunjung website Anda ketika mengunjungi website Anda

Pengertian di atas adalah pengertian secara singkat dan dalam bahasa mudahnya. Untuk pembahasan secara detail dari 3 hal di atas, mungkin kapan-kapan saya akan menulis khusus mengenai pengertian secara mendetail tentang 3 hal di atas.

Intinya adalah tips untuk mendapatkan score GTmetrix yang tinggi adalah dengan mendapatkan nilai serendah-rendahnya dari 3 komponen di atas yaitu Fully Loaded Time, Total Page Size, dan Requests. Semakin rendah semakin bagus.

Artinya website Anda semakin cepat dan efisien.

2. Gunakan Cloud Hosting atau Cloud Server

Jika Anda ingin website yang cepat dan efisien, pastikan nomor satu yang harus diperhatikan adalah kualitas dari server atau hosting yang Anda gunakan.

Saya sangat tidak merekomendasikan memakai shared hosting karena ada banyak kekurangan shared hosting karena Anda berbagi resource dengan orang lain.

Jika Anda menggunakan cloud server/hosting yang sudah memiliki dedicated IP sendiri, maka Anda bebas dan dengan leluasa memakai resource sendiri.

Di samping itu sekarang harga cloud hosting/server juga lebih terjangkau dibanding dulu.

Untuk cloud hosting atau cloud server yang saya rekomendasikan adalah Vultr

Kenapa? Karena saya juga memakainya sendiri untuk website saya ini.

Ini saya buktikan kehebatan dan kualitas dari Vultr

Pengaruh Kualitas Server Dengan GTmetrix

Score website saya hampir sempurna di GTmetrix. Jadi, kualitas Vultr tidak perlu Anda ragukan lagi.

Selain itu, saya juga memakai Runcloud untuk memanaged server saya. Sangat ringan dan efisien serta tidak membebani server.

Jika Anda memakai shared hosting, Anda akan kesulitan mendapat score yang tinggi di GTmetrix karena keterbatasan resource dan fitur serta Anda harus berbagi resource dengan orang lain juga.

Jadi itu salah satu tips mendapatkan score GTmetrix yang tinggi

3. Gunakan Theme WordPress yang Efisien

Walaupun Anda sudah menggunakan cloud server sendiri, bukan jaminan juga Anda mendapatkan score GTmetrix yang tinggi karena ada faktor lain yaitu kualitas WordPress theme Anda.

Di luar sana ada banyak sekali template WordPress, tapi theme yang berani saya jamin mendapatkan score GTmetrix yang tinggi adalah theme bawaan WordPress yaitu Twenty Twenty.

Ini sudah saya buktikan sendiri kalau dengan theme tersebut saya bisa mendapatkan score GTmetrix yang tinggi atau hampir sempurna.

Anda bisa lihat score GTmetrix website saya di atas.

Alasan selanjutnya adalah theme ini terlihat sangat modern jadi tidak ketinggalan zaman. Untuk masalah mobile responsive, Anda tidak perlu khawatir lagi karena dijamin sudah mobile responsive.

4. Jangan Install Banyak Plugin

Prinsip dari optimasi WordPress adalah banyak plugin artinya akan banyak masalah dan website jadi semakin berat.

Gunakan sedikit mungkin plugin. Usahakan di bawah 10 plugin.

Selain dari jumlah, dari beban kerja plugin itu juga harus diperhatikan. Ada beberapa pulgin yang memang sangat menyita resource server.

Jadi , walaupun plugin di bawah 10 , tetap harus diperhatian seberapa banyak resource yang dipakai.

5. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Manfaat utama dari CDN adalah mengurangi beban kerja dari server Anda. jadi, tidak semua request dari browser pengunjung Anda di handle oleh server Anda.

Selain juga untuk keamanan wesbite, bisa juga sebagai cache untuk website Anda. Jadi server Anda tidak terus-menerus handle request dari browser pengunjung website Anda.

CDN yang saya rekomedasikan adalah Cloudflare. Selain gratis, kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi.

Namun, jika Anda memiliki budget dan jumlah pengunjung website Anda semakin banyak, Anda bisa berlanggnan Cloudflare karena mereka juga menyediakan paket berbayar.

5 hal di atas merupakan tips mendapatkan score GTmetrix yang tinggi. Silahkan lakukan tips di atas karena saya menulisnya juga berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Jika Anda sudah melakukan tips di atas, namun belum mendapatkan score GTmetrix yang tinggi juga, Anda boleh berkonsultasi dengan saya. Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *