Categories
Personal Life

Hello world

Dulu saya adalah orang yang tidak paham WordPress sama sekali. Tapi dengan kerja keras dan keinginan luar biasa untuk belajar, akhirnya saya bisa menguasai WordPress sampai tingkat lanjut (advanced).

Saya bukan seorang developer, tapi saya paham bagimana dasar-dasar dari bahasa pemrogaman PHP dan bagaimana cara kerjanya.

Saya juga paham bagaimana cara membaca dan mengedit file CSS, HTML, dan JS dari sebuah website

Dan oleh karena itulah, saya sangat menguasai segala hal tentang tracking karena saya punya pemahaman tentang PHP, CSS, HTML, dan JS

Sampai artikel ini saya tulis, saya sudah memahami tracking yang berbasis Javascript Code seperti Google Analytics, Google Ads, Google Tag Manager, Facebook Ads, Mixpanel, dan sejenisnya.

Initinya tracking yang script-nya dipasang di front end (client side) dari sebuah website.

Untuk tracking yang melibatkan dari sisi back end (integrasi API) seperti ProfitWell, saya juga paham.

Namun, untuk implementasi tracking di back end, tetap harus bersama dengan seoarang developer karena saya sejatinya bukanlah seorang developer. Jadi, pengetahuan saya tentang back end tentu saja terbatas.

Lebih tepatnya orang yang pernah bercita-cita menjadi seoarang developer handal, hanya saja karena sesuatu hal akhirnya saya putuskan untuk mempelajari tentang digital marketing, WordPress, dan hal-hal yang berkaitan dengan itu.

Memang panjang ceritanya, tapi nanti akan saya ceritkan melalui tulisan saya di blog ini.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *